WHAT'S NEW?
Loading...

IDe Bisnis (sewa furniture)


Post ke dua moga-moga lebih berbobot materinya, kali ini gw mau nge share ide gw, ide bisnis, jadi gw punya segudang ide-ide bisnis yang gw siapin buat cita-cita gw jadi mamang jualan (mamang jualan istilah gw buat kata yang ce matre sebut itu “pengusaha” atau  co oportunis sebut itu“entrepreneur”).



Jadi gw punya semacam kitab ajaib yang isinya coretan-coretan ide gw yang muncul gitu aja (ini hobi freak gw). Pernah ada yang bilang ke gw “Kok lu bego sih ide gitu malah disebar-sebarin, ide itu mahal, ide itu rahasia, ide itu senjata lu buat hidup ngalahin saingan-saingan lu”, ya emang bener sih gw gak nyalahin pernyataan itu, tapi maaf kita beda prinsip kawan, menurut gw ide itu bukan milik gw, tapi datangnya dari Allah SWT, dan gw rasa daripada itu cuma jadi ide di gw lebih baik itu direalisasiin jadi rejeki buat orang lain dan jadi pahala buat gw. Dan menurut gw kalau ide itu bisa datang sekarang pasti akan dateng lagi nanti. Pasti lu langsung timbul pertanyaan, “kenapa gak lu sendiri aja yang realisasiin?”.  Ya gw juga mau realisasiinnya, tapi ini target gua masih jangka panjang, masih ada beberapa target jangka pendek gw yang masih harus gw selesain dulu, karena menurut gw jadi mamang jualan itu harus full nyelem kesana, gak bisa multitasking sama yang lain. Kecuali mau ada yang seriusan patneran sama gw, gw sih mau-mau aja, soalnya kebetulan setiap gw ngeluarin ide, gw udah riset, jadi detilnya tetep ada di buku ajaib gw, ini cuma kayak garis besar.
Oke dari sekian ide di buku ajaib gw, yang gw post duluan adalaaaaahhh (eng ing eng....)

Sewa Bedroom Sets

Jadi sebenernya ini ide gw paling baru, dengan perkiraan modal dan untung yang palng menjajikan.

Lu pernah gak dateng ke suatu kota yang jauh dari asal lu buat urusan pendidikan atau kerjaan, yang terpaksa harus menetap kira-kira beberapa bulan aja atau ampe tahunan. Mau gak mau pilhan lu ya numpang tempat sodara (gak gw usulin karena dapat menimbulkan konflik internal), ngekos kamer, atau cari kontrakan (biasany buat keluarga kecil atau sama temen rame-rame biar ngirit). Sekarang nyari kos atau kontrakan yang ada isinya (bed+meja belajar/rias+lemari) itu susah, rata-rata ya kosongan, kalau ada pun mahal, mau ngirit ya terpaksa yang kosongan. Nah sekarang lo mikir mau ngisi tu pake apa?? Ada empat pilihan :

Yang pertama- Lu bawa barang-barang pribadi lu tadi dari kampuang nan jauh di mato. Kalau kampung lu cuma 2 jam bawa mobil, okelah, tapi inget tu barang-barang harus sekali angkut di mobil, kalau lebih lu bakal nambah biaya bensin jadi double (keluar duit), kalau lu cuma punya city car, berarti lu kudu nyewa mobil dengan bucket (pick up atau truck) (keluar duit), jangan lupa bayar supir ya (keluar duit). Kalau lu mau murah bisa pake kendaraan sapi atau kuda, tapi lu wajib gantian sama tu kuda, kalau gak gw laporin ke komnas hak asasi kuda!!

Yang kedua- Ya gak mungkin lah lu mau bawa barang lu kalau dari kota asal ke kota tujuan lu kudu mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudra, belum lagi lu kudu naik kano ke pedalaman, sewa rajawali indosiar buat lewatin hutan wah ribet. Tenang, masih ada cara ngirim kok, lu masih bisa pake jasa pengiriman Ekspedisi.  Tapi gw yakin ini bakal Mahal bangeeettt (keluar duit). Tapi kalau seandainya lu gak bisa tidur disebelah lemari jati ukiran suku maya yang dibeliin nenek lu dari pedalaman amazon ya mungkin ini cara terbaik biar hidup lho tenang. 

Yang ketiga- “Yaelah kayak orang susah aja, tinggal beli aja gituu..(keluar duit)” kata orang tajir baru yang minum teh botol pake pipa paralon pvc biar keliatan tajir dan anti mainstream. Ya emang bener, gua juga dulu gitu kok (tapi gw beli yang murah-murah dan gak tajir). Masalahnya itu justru menimbulkan masalah baru bahkan bisa bikin bengkak biaya. gini gw jelasin, selama kos lu nyaman, lu gak pindah-pindah ya itu oke-oke aja. tapi inget pas urusan lu selesai lu kudu balik ke kota asal, nah barang lu mau diapain?? bisa sih lu bawa ke kota asal lu pake cara 1 dan 2 diatas (keluar duit), tapi kalau dirumah lu udah banyak barang yang ada cuma bikin sumpek, terpaksa lu jual kan (kecuali lu tajir jadi dibuang ke laut buat bantu terumbu karang, tapi usul gw lbh bgus kasih aja ke panti asuhan). Lagian jaman sekarang mau jual barang bekas anak kosan tu gak ada yang mau beli, uda gitu lu bakal saingan sama orang-orang senasib kayak lu. Nah kalau lu ternyata sering pindah-pindah kos gara-gara gak akur sama ibu kos atau di usir warga kampung gara-gara lu maksiat mulu dikamer, lu akan ribet buat mindahin barang-barangnya, siap-siap tambah biaya lagi (keluar duit).

terus kalau semua bikin gw ribet dan kere, gimana dong solusianya???? Tenang bapak-bapak ibu-ibu di rumah, kini ada solusinya! (*gaya lejel home shopping yang tiap hari nawarin blender sama happy call)
Yang Keempat- Kenapa lu gak SEWA aja,, (pasti lu bakal timbul kekhawatiran dengan negthink dan cari-cari kesalahan), lalu lu bakal timbul pertanyaan dan pernyataan standar yang kayak gini :
N    : Orang negthink yang berusaha menyanggah segalanya.
Gw : Mamang Jualan Ganteng yang Sabar dan Baik hati

N     :  Kalau sewa itu ribet ngurus nya, kudu ngecek lah, perjanjian sewa lah.
Gw : kata siapa ribet, lu bisa liat modelnya di internet atau dateng langsung ke showroom gw, tinggal telepon mau model yang mana dan cek ketersediaan barang, duduk manis deh di kosan lu sambil gw anterin brangnya dipasangin, bayar ditempat, beres deh. Kalau perjanjian, lu tinggal ngisi blangko bermaterai dengan fotokpi id dan surat keterangan ngekos atau ngontrak dari pemilik kosan atau kontrakan (gw juga gak mau rugi kali barang dibawa kabur).
N    : Kalau sewa kan yang kita pake barang bekas orang, pasti jelek gitu. Kalau rusak kita kudu ganti lagi, seram amat.,
Gw : kata siapa jelek, semua barang yang mau disewain selalu melewati bengkel buat di maintenance, biaya mantenance udah ada di awal, bahkan kita siap 24 jam kalau lu ada keluhan dan pengen barangnya diperbaiki, kalau lu gak ada keluhan juga kita bakal tetep ngecek kondisi barang 3bulan sekali lewat telpon atau 6bulan sekali ke TKP. Kalau cuma cat ngelupas , bopel bopel lu gak akan kena biaya, gratisssss. tapi kalau sampe patah ya lu tanggung jawab kudu ganti 80% dari biaya maintenance (ingat bukan dari harga barang!!! kalau yang patah satu papan ya ganti harga papan), ini biar lu juga sama-sama ngerawat dan gak seenaknya mentang-mentang uda bayar.
N    : Tapi kalau gw sewa, barangnya pasti ga update gituuu, jadul gituuu, iyukh alay gituu..
Gw :Wah justru ini keuntungan sewa, kamer lu bakal keren abisss dan bisa lu pamerin temen-temen lu, karena semua barang-barang dibuat sendiri, custom dan gak ada yang jual!!dan lu bisa ganti model selama stock ada, tapi kena biaya maintenanca awal lagi kecuali lu leawat setahun gratis biaya. ni gw kasih beberapa model nya:






(Yang design bukan gw, gw dapet dari salah satu thread di KASKUS)

N    : Wah busseet, keren amat, dengan semua keuntungan yang lu sebut tadi pasti mahaaaal
Gw : Ya ada harga ada rupa,he.. Tapi ini bakalan tetep ngirit lu sewa, gw kasih bocoran perusahaan ya khusus buat lo, kalau lu sewa :
Ø     3bulan lu bayar 20% dari harga barang
Ø     6bulan lu bayar 30% dari harga barang
Ø     1tahun lu bayar 40% dari harga barang
Ø     maksimal 1tahun bisa diperpanjang dengan biaya sewa lebih murah dari tahun pertama selama gak ada pergantian model barang.
N   : Itu kan bahasa lu aja buat ngadalin gw, gw gak ngerti yang begituan.
Gw : Lu sebenernya kuliah gak sih -_-“, jadi gini gua kasih contoh kasus, Lu nyewa bedset yang kira-kira harganya 5juta. Lu sewa setahun berarti lu bayar 40%nya jadi 2juta setahun, itu kalau lu bayar perbulannya Rp.167.000. kalau lu sewa kamer kos kosongan yang perbulan 250rb, lu nambahin 167rb jadi 417rb. Lu dapet kamer isi yang biasanya 500ribuan seharga 417rb. itu kurang untung gimana??
N   : Pengeeeeen kakaaaaaaa, tapi gw gak ada duit, boleh ngutang sama lu dulu gak??
Gw: Kayaknya pertemenan kita sampai disini aja deh, maaf gw ada urusan, neneknya kucing gua melahirkan. Eh itu ada UFO, coba lu dada2 sapa tau diangkut sama alien. Daa..


Nah abis lo baca tadi pasti lo mikir, gila prospeknya bagussss bangeettt....tapi modaaal gmanaaaa??? Trus Keuntungannya gmanaaaaaa??kok Barang bisa murahh?? kapan bisa balik untung??? Promosi gmana?? Pemasaran Gimana??? Nah itu bakal gw jelasin di post berikutnya aja ya, gw ada trick bikin untung jadi lumayan,,selain itu ada ide lain yang berkembang dari ide pertama ini, tapi ini rahasia buat yang baca blog gw aja ya... ssssttt. 

Kalau mungkin ternyata di kotanya udah ada bisnis ini, atau ide gw ternyata sama dengan ide lu tapi masih di angan-angan (biasanya suka gini, "gw juga sempet kepikiran"), atau lu emang minat, ayok kita sharing kelebihan dan kekurangannya, atau mau dikembangin juga seru.

Terakhir gw mau nambahin quotes :

It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change. – Charles Darwin


0 komentar:

Posting Komentar