WHAT'S NEW?
Loading...

Ide Bisnis (BIG SIZE SHOES)

Bisnis sepatu?uda banyaaak. Eitz tapi jangan salah, walaupun banyak tapi bisnis sepatu selalu menggiurkan lho. Memang perlu inovasi dalam bisnis ini biar bisa dikenal dan dicintai penggunanya. Nah kali ini saya punya ide untuk membuat sepatu “khusus” ukuran besar.



Sebenarnya ini lebih kepada kebutuhan pribadi sih, cari sepatu local ukuran gede itu susaaaaaaaaaaaaaah banget. Dari sepatu olahraga sampe sepatu casual itu susah banget nyarinya. Ukuran kaki saya sebenarnya gak gede-gede amat sih, cuma ukuran 45-46 gitu. Memang ukuran kaki pria rata-rata di Indonesia itu 42-44. Tapi kan itu dulu, sekarang gizi anak Indonesia udah lebih baik, orang yang tingginya diatas 180 itu uda mulai banyak. Gak percaya? Coba aja cek kampus-kampus atau sekolah. Belum lagi olahraga basket tanah air juga udah mulai bangkit, pasti makin banyak tu kaki-kaki oversized yang bakal kesulitan nyari sepatu. Nah ini jadi peluang bisnis buat kita. Sepatu impor kan ukurannya banyak yang gede? Memang banyak, tapi importir Indonesia masih jarang ambil yang ukuran besar, paling beberapa kayak sepatu basket dengan jumlah terbatas.

Perbedaan antara cowok dan cewek dalam nyari sepatu, kalau cowok pasti nyari kenyamanan dulu yang utama. Kalau uda nyaman pada satu merek biasanya bakal setia tuh sama merek tersebut. Cowok jarang gonta ganti sepatu? itumah jaman dulu keles. Jaman sekarang banyak cowok yang hobi dan koleksi sepatu. Beda baju beda juga warna sepatunya. Lagian sepatu cowok itu banyak banget, dari sepatu long boots buat naik motor, low boots buat ke kantor, sepatu pantofel buat rapat penting, sepatu naik gunung, sepatu bola, sepatu futsal, sepatu lari, sepatu basket, dll. Sepatu cowok juga umumnya gak awet karena pemakaian yang terus menerus. Jadi masih bilang sepatu cowok gak prospek?

Jadi mau produksi atau jadi reseller? Saya akan jelaskan masing-msing keuntungan dan kelebihannya.

Produksi sendiri
Kalau produksi sendiri tentu perlu modal lebih besar buat beli mesin, bahan, bayar upah, tempat, dll. Bisa juga sih tinggal pesen custom nanti kita kasih merek sendiri kayak bisnis sepatu local kebanyakan. Yang jelas, kekurangannya adalah perlu banyak modal! Terus lumayan ribet juga harus ngurus produksi juga. Keuntungannya adalah kita bakal punya brand. Produk yang dibuat berdasarkan keinginan kita. Lebih banyak inovasi bisnis dalam urusan design, sehingga kita lebih optimis dan bangga dalam mengerjakannya. Dengan brand ini kita juga bisa produksi sepatu dengan ukuran yang biasa (lebih kecil). Pengembangan produk juga memungkinkan, bisa dari brand tersebut bikin produk lain seperti tas, baju, dll. Kalau brand anda semakin besar, anda dapat menjual ke berbagai reseller rutin dan membuka toko di beberapa tempat, Memungkinkan juga untuk membuat pabrik besar dan melakukan import.

Reseller
Jualin produk orang bukan berarti kita babu dari pemilik brand. Justru lebih banyak keuntungan yang kita dapat. Memang sih kita gak bisa berinovasi dengan produknya, kadang susah juga  nyari produk berkualitas yang sesuai dengan keingininan kita. Tapi dengan tidak memproduksi sendiri, kita bisa lebih focus jualan. Dengan modal yang lebih sedikit, kita bisa mendapat keuntungan yang lebih besar, perputaran uang juga lebih cepet. Produk yang dijual bisa lebih beragam, bisa sepatu olahraga sampai sepatu formal. Gak perlu lagi pusing dengan design, kalau kalian liat produk tersebut bagus dan bakal laris ya tingal kita beli nanti jual lagi. Pengembangan bisnis bisa juga bisa sampai menjual produk selain sepatu. Apalagi jika menjadi reseller partai besar yang mensuplai toko-toko kecil, maka anda akan mendapat keuntungan yang berlipat juga. Menjadi importer atau eksportir akan menjadi keuntungan dari bisnis ini.



0 komentar:

Posting Komentar