WHAT'S NEW?
Loading...

Program Studi Teknik Pertambangan

Gua bikin artikel ini bukan buat mahasiswa tambang atau orang yang kerja di tambang ya.  Ini sekedar sumbangsih gua setelah dapet gelar ST (kuliah 7tahun,haha) buat bantu kasih gambaran sebenernya ini prodi kayak gimana sih. Ya kebetulan sekarang gua jadi pengangguran berijazah, jadi mau nyoba nulis-nulis lagi dan dapet hidayah untuk nularin ilmu 7 tahun yang gua uda dapet. Jadi gua bakal nulis dengan pengertian sesantai dan sesimpel mungkin biar mudah dipahami. Buat adek-adek gemes yang bingung cari prodi kuliah semoga bisa nambah-nambahin referensi yaaaa

Alasan Kenapa Pilih Teknik Pertambangan
Milih prodi tu kayak milih calon pacar, harus ditimbang-timbang, salah-salah milih ya bakal rugi banget. Lu gak mau kan uda jalan 4 tahun trus putus ditengah jalan dan si doi nikah sama orang lain (nyesek), atau lu jalanin hubungannya dengan tersiksa, gak nyaman, sedih, gelisah, merana, durjana, rhoma irama. Ya intinya mirip-mirip kayak gitu lah rasanya tapi ini klo lu sampe DO di tengah jalan, lu bakal ngecewain orang-orang disekitar lu juga, lebih nyesek dari putus kan.
Balik lagi ke alasan ya, pada dasarnya milih prodi karena sejalan dengan tujuan lu mau jadi apa, dalam hal ini seorang Sarjana Teknik Pertambangan akan bekerja di Perusahaan Tambang sebagai Ahli Teknik Tambang (Mining Engineer). Ya secara umum sih itu ya, tapi dalam beberapa kasus ya lu bisa juga kerja di Kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), di Dinas ESDM daerah, BPK atau Bank. Loh kok gak ada perusahaan Minyak?? Cevron?pertamina?Total?Sclumberger? Mana perusahaan Geothermal? Perusahaan Peleburan?TIDAAAAAAAKKKK.............!!!!!!! 

Perbedaan Tambang, Minyak, Geologi, dan Geofisika
Gak usah lebay ah! Hahaha.. Makanya lu harus pahami dulu konsep yang orang-orang kebanyakan salah. Pertambangan adalah (cari di google aja sana). Haha.. Ya intinya klo pertambangan, lu akan berurusan dengan penggalian benda-benda yang umumnya batuan, yang padat, yang keras (kalo yang empuk-empuk tanya duo serigala aja).  Nah yang terdapat dalam batuan adalah mineral bisa berupa logam atau non logam. Contoh gampangnya ya lu akan menguasai ilmu menambang emas, nikel, besi,timah, batu bara (ini maceral), dll. Nah yang berbentuk cair dan gas itu dipelajari oleh jurusan Teknik Perminyakan dan kalau Peleburan itu dipelajari oleh Teknik Metalurgi. Tapi klo lu mau bisa kerja di perusahaan tambang ataupun minyak (serakah), lu bisa deh masuk teknik geologi atau teknik geofisika.  Tapi lu gak akan bekerja sebagai engineer ya walaupun gelar lu ST juga, klo dari geologi lu akan bekerja sebagai geologist yang kerjanya itu nyari dimana mineral itu berada, ilmunya susah banget sob, pake ilmu bumi! ya mirip-mirip dukun  batu gitu. Kalau di geofisika gua lupa nama profesinya apa, mirip-mirip nyari batuan juga, tapi ini lebih teknikal dari geologi ya, karena lu pake konsep-konsep fisika disini kayak geomagnet, radar, induksi listrik, sonar, seismik, gitu gitu lah.

Ngomongin Enak atau Enggaknya
Udah tau kan sekarang bedanya. Nah liat keuntungan dan kekurangannya ya sekarang, gue akan ngebandingin kerja di perusahaan tambang dan kerja di perusahaan minyak secara objektif. Kerja di tambang tu gajinya gak segede yang lu bayangin. Kalau lulusan baru, kerja di perusahaan batubara gitu gaji lu sekitar 7-8 juta (take home pay, 2015), kalau perusahaan bijih (tembaga,emas,dll)  gitu bsa 7-12 juta deh ya (tapi perusahaan emas jarang terima lulusan baru). Sistem kerjanya pake rooster berapa minggu kerja di site (tambang)-berapa minggu libur ke kampung. (8-2, 6-2, 4-2 tapi jarang). Enaknya lagi ya semua tiket pesawat pulang pergi kampung, akomodasi dan transportasi selama di site ditanggung perusahaan. Jadi uang yang lu dapet klo lu gak boros ya gak kepake buat apa-apa. Misal lu mau tabungin juga setahun bisa dah buat dp rumah atau mobil mah. Coba kalau kerja di jakarta? Buat hidup aja mungkin uda 5 juta sendiri, belum buat fashionnya biar keren, buat dugem biar gaul, atau buat nongkrong di cafe trus foto-foto makanan biar eksis, kelar deh gaya doang duit gak ada, nanti pulang kampung setahun sekali sewa mobil biar keliatan uda sukses, ampun daaaaah.

Secara gaji emang enak kan tambang, tapi di site gak ada hiburan, gak ada pemandangan cabe-cabean di mall, gak bisa nonton bioskop, yakin masih mau?? Eits, minyak lebih enak lagi jangan salah. Gaji fresh graduatenya itu 15-30 juta, denger-denger bisa sampe 50 juta klo kerjanya diluar negri. Roosternya juga enak sebulan kerja terus sebulan libur, ditanggung juga lagi akomodasi dan lain-lainnya, waaaah...Enak banget enak banget enak banget kan???? Permasalahannya cuma satu, yakin bisa keterima di perusahaan-perusahaan minyak itu? Yakin Pinter banget? Uda ngecek TOEFL sama TOEIC terakhir belum?? Uda siap saingan sama orang luar negri belum? Ya klo ditambang sih lebih banyak perusahaannya yaa, bisa nyampe rpuluhan perusahaan tambang, apalagi klo harga batubara lagi tinggi pasti butuh banyak orang. So It’s your choice sih yaaa...

Yang Perlu Disiapin
Ada yang bilang kuliah di tambang itu mahal banget, sebenernya sih gak juga ya. Klo masalah uang masuk asalkan lu pake jalur yang bener (lolos tes) ya bisa kok bayar sumbangan minimal, SKSnya juga standar teknik kok. Tapi klo lu masuk jalur setan, ya bisa tuh kena puluhan sampe ratusan juta, sekali lagi setan memang sesat. Saran gue klo lu emang gak mampu karena gak lolos tes mending gak usah deh pake setan-setanan. Kalau mau coba lagi tahun depan aja atau ambil jurusan lain juga bisa sukses kok, IT misalnya lagi HOT banget kan. Siapa tau lu bisa bikin aplikasi pemburu hantu , jadi hantunya dimasukin folder kayak pokemon. Gua yakin lu bakal lebih kaya dari mark schklemxsjdjchdkdksbeerrg (susah namanya). Lagian klo lu tetep maksain juga kasihan buat lu nya juga (walau lebih kasihan ortu lu), jadi kebeban kuliahnya, banyak lho yang jadi stress gara-gara gak sanggup sama tekanannya. Ow iya buat biaya ya, tiap tahun tu tambang ngadain kuliah lapangan gitu, itu semacam praktikum ke suatu tempat gitu, yang gede sih itu paling sekitar 1-2 jutaan. Klo yang praktikum lain paling abisin kertas, bikin peta, jilid ini itu ya standar teknik lah.  Ow iya jangan lupa laptop dengan spek yang mumpuni ya, buat software-software tambang gitu, klo laptop kan juga gampang dibawa buat ngerjain tugas. Gak usah lebay-lebay amat pake macbook pro segala, selama buat main PES2015 laptopnya gak ngelag ya udah aman berarti itu speknya.



Kedua Mental, ya karena padet pake tugas-tugas dari praktikum jadi siap-siap tidur berkurang, capek, deadline gitu-gitu lah. Tapi tenang aja, semua itu lu bakal habisin sama temen-temen satu kelompok, jadi gak berasa, malah nambah memori pertemanan lu, tidur bareng, makan bareng, mandi bareng( eh yang ini enggak), apalagi klo temen sekelompok ada ce yang cantik, seksi dan bohai, waduuuuuhh. Sayangnya itu gak mungkin karena di tambang mayoritas batang semua, kalaupun ada ce itupun yang baunya udah kayak ban abis nginjek aspal baru mateng.

Kuliah lama ya??
Ya standar teknik ya, banyak faktor sih yang bikin lama, rata-rata karena orang teknik itu dasarnya punya pikiran kreatif, maka dia susah untuk komitmen pada satu bahasan tugas akhir saja (Pembelaan diri,hahaha). Ya enggak sih, bisa kok cepet, apalagi jaman sekarang. Pinter-pinter lu bikin strategi aja, kalau mau skripsi cari tempatnya yang gimana, mau judulnya yang apa, dosennya yang mana, bimbingannya gimana, kayak gitu-gitu. Klo mau cepet ya saran gua jangan ambil judul yang susah-susah, kesampingkan judul-judul yang kira-kira lu bakal bertemu dengan dosen-dosen penghambat kelulusan sekalipun lu tertarik pada bahasan itu dan lu tau dosen lu itu kompeten banget sama judulnya. Yang terakhir pikirkan bener-bener perolehan data di lokasi tempat tugas akhir, saran gua sih perusahaan gede yang datanya gampang diambil. Jangan kayak gua kemarin, data gua harus dicari dengan bercucuran darah dan keringet, pembimbing lapangan juga gak ada,nyampe di dosen data gua gak diterima dan gak mau tau, muter-muter aja disitu. Disaranin temen-temen gua malsuin data, tapi gua gak mau karena mengganggu kredibilitas gua sebagai calon engineer masa depan (eciyeeee ahay)  makanya gua pilih judul lain dengan proses yang sungguh sangat ribet dan memakan waktu. Eits tapi jangan lupa loh, tugas akhir lu itu juga jadi bahan pertimbangan waktu cari kerja lho, kalo cuma yang ecek-ecek juga perusahaan ogah nerima calon karyawan yang males dan cari aman. Nah lho bingung kaaaaann.....

Terakhir, lu tanya orang tua lu dah, mantepin hati, bagaimanapun juga kerja di tambang itu resiko tinggi, keluarga lu ikhlas gak lu kerja di tempat begituan. Bagaimanapun juga restu dan doa orang tua itu yang bikin lu menuju kesuksesan.  :)


0 komentar:

Posting Komentar