WHAT'S NEW?
Loading...

Minesafe Smartwatch

Pada tahun 2015 adalah eranya kemunculan smartwatch. Dari smartwatch dalam fungsi olahraga, kesehatan, notifikasi, sampai membalas pesan. Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas bagaimana smartphone dalam berfungsi sebagai alat management dalam dunia pertambangan. Apakah smartwatch juga dapat diaplikasikan dalam dunia pertambangan? Perkenalkan sebuah smartwatch bernama “Minesafe Smartwatch”. Jam pintar yang diperuntukan khusus bagi dunia pertambangan.



Minesafe smartwatch dibuat oleh sebuah perusahaan industri IT dan wearables device bernama Vandrico Solution yang berlokasi di Vancouver, British Columbia, Canada. Dalam hal membuat Minesafe Smartwatch, perusahaan ini berkolaborasi dengan SAP Co-Innovation lab  dan Illumiti. Minesafe smartwatch adalah sebuah alat untuk membantu pekerja tambang dakam mengidentifikasi potensial dan memberikan respon akan potensi terjadinya bahaya . Penggunaan smartwatch memang lebih dikhususkan untuk penggunaan underground (tambang bawah tanah). Smartwatch ini dapat melakukan komunikasi  secara langsung antara penambang yang berada pada underground dan petugas yang berada di permukaan. Sehingga dapat memberikan respon yang lebih cepat daripada penggunaan alat telkomunikasi biasa. Berikut adalah beberapa kegunaan smartwatch ini:
  • Melakukan perekaman tracking (jalur) yang dilakukan oleh masing-masing pekerja, sehingga perusahaan dapat dengan cepat mengidentifikasi lokasi pekerja apabila terjadi bahaya.
  • Sebagai alat komunikasi evakuasi antara pekerja di underground dan petugas di surface apabila terjadi bahaya
  • Pelaporan kecelakaan secara langsung, termasuk jenis kecelakaan, jenis cidera, dan jumlah korban. Sehingga petugas di permukaan akan dapat menangani dengan cepat.
  • Pekerja akan lebih peduli terhadap prosedur safety dikarenakan melakukan tahapan prosedur secara step by step. Tahapan prosedur safety akan terekam sehingga pekerja yang tidak mematuhi prosedur akan terdeteksi.
  •  Seabagai alarm bahaya apabila terjadi kondisi yang membahayakan.




Penggunaan smartwatch dianggap lebih praktis daripada menggunakan smarthphone. Lokasi smartwatch yang berada di pergelangan tangan akan membuat pekerja dapat berkomunikasi dengan cepat. Notifikasi pesan hingga alarm bahaya secara getaran, visual layar, dan suara dianggap lebih mudah diketahui dibandingkan smartphone yang umumnya diletakan pada saku. Saya merekomendasikan penggunaan Minesafe Smartwatch ini untuk penggunaan tambang bawah tanah dikarenakan banyaknya potensial bahaya seperti adanya kebocoran gas, terjadi kebakaran, batuan yang tidak stabil, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar