WHAT'S NEW?
Loading...

Masa SMA (bagian satu)

Wah akhirnya setelah sekian lama akhirnya nulis lagi tentang biografi, kemarin-kemarin politik mulu, bikin emosi ya?haha.. Masa SMA adalah masa kejayaan gua, tau kenapa? Karena gua LANGSING!!!haha..

Jadi waktu SMP tiap hari jalan kaki pulang pergi sekolah, belum lagi kalau beli maem, main, dan sebagainya. Ya kira-kira 20 menit minimal sehari gua jalan kaki. Ditambah dengan tinggal sendiri (kakak gua datengnya weekend doang, ibu suri kadang disini kadang nemenin baginda raja di kota lain), jadinya makan juga apa adanya. Oh iya tiap sore juga main basket 30menit-1jam, karena dulu syarat tinggal sendiri di magelang adalah gua harus dibikinin lapangan basket (uda kayak pesugihan aja pake syarat-syarat). Alhasil terapi gitu sukses bikin gua ganteng kayak pedro di amigos.

Waktu lulus SMP nilai gua gak bagus-bagus amat buat daftar SMA, dari 3 mata pelajaran yang diujiankan, gua dapet nilai 27 sekian gitu (rata-rata diatas 9). Kenapa gua bilang gak bagus-bagus amat? Ternyata nilai segitu berjibuun banget, yang lebih ajaib adalah kan total maksimal 30 ya? Tapi kok bnyak yang dapet 31,32 sampe 33 pas daftar SMA online. Owh mungkin pas ngerjain ujian mereka minta soal tambahan kali ya (warteg kali minta nambah nasi), atau dia semedi di sumur keramat sambil kayang 7hari-7malam jadi nilainya beda sendiri.Hahaha… Hush jangan suudzon, mereka tu dapet nilai tambahan karena prestasinya (juara-juara apa gitu), makanya kalau mau dapet tambahan ya juara! Alhasil gua yang cupu, lemah fisik, dan jarang tobat ini ya gak ngaruh sama kebijakan nilai tambahan.

Jadi rencana gua tadinya mau SMA di jogja, tapi dengan nilai gua yang pas-pasan tadi akhirnya gua putusin ke SMA 3 Magelang. SMA nya keren??keren apaan, pas gua pertama dateng tu sekolah horror banget (Kayaknya dulu-dulu syuting film horror disitu deh). Jadi tu sekolah bangunan lama banget, dulunya bekas sekolah keguruan (ow gua jadi tau kenapa horror).DI tengah sekolah tu ada gedung pertemuan yang multifungsi dipake buat pentas seni ataupun olahraga indoor (gak modal). Ni sekolah juga jarang ada ijo-ijo, gersang banget tanahnya. Kayaknya ni konspiriasi sama ibu kantin yang jualan es biar laku, atau ni sekolah menganut kurikulum dari afrika gitu, jadi ujiannya gak cuma teori, ada praktek berburunya.

Masa ospek SMA ada dua kejadian yang gua inget banget, yang pertama adalah gua dalam posisi rambut warna “COKLAT”. Jadi pas libur sebelum ospek ya gua iseng-iseng aja ngecet rambut, aslinya sih warna hitam kebiru-biruan gitu, tapi gak tau kenapa malah jadinya warna coklat. Yang lucu adalah ada anak lain yang gak terima dihukum karena rambutnya dicat, terus laporin gua rambutnya gitu ke guru BP. Dengan santainya guru BP bilang klo ini mah emang rambut asli warnanya (disangka gua bule,hahaha), y gua iyain aja secara waktu itu muka gua bule banget (mulus belum jerawatan). Yang kedua adalah waktu gua ikut sholat dzuhur ke masjid, gua dateng belakangan gitu sholatnya, dan gak tau kenapa seluruh orang disitu pada ngeliatin gua kayak awkward moment gitu. Beberapa temen gua ya nyerocos aja gitu, “lu bule kok sholat?” (emang bule gak ada yang muslim!!), ada lagi yang bilang “lu mualaf ya?”, “nyasar ya?”, ya pokoknya gitu-gitu lah.

Mirip bule emang enak, terutama banyak ce yang cari-cari perhatian gitu (eeeaaaa), tapi gak enak kalau udah disama-samain. Dibilang mirip dimas beck, marchel chandrawinata, ada juga yang bilang mirip artis korea lee min hoo. Gua bukannya gak seneng disamain sama orang-orang ganteng, cuma gua jadi males karena dipandang dari segi tampang doang, susah juga bedain mana temenan yang tulus mana yang enggak.

Hal yang paling menyenangkan dari SMA adalah gua ALAY. Dengan bangganya gua bilang sekali lagi bahwa GUA ADALAH ANAK ALAY. Ya pas jaman itu (2005), jadi alay tu keren banget ya, gua rasa hampir semua anak SMA pada saat itu mendambakan jadi anak alay. Dari foto selfie dengan posisi kamera diatas, nulis sms pake aq dan qm (kalau –nya diganti –x, contoh: biasax), ataupun main medsos (Friendster) pake nama-nama aneh gitu (gua pake teenagers_bass). Gak tau kenapa menurut gua jadi alay tu menyenangkan, kita bisa bebas ngekspresiin apa yang kita mau, mau foto manyun kek, muka sok-sok liat samping, amandel diliatin, pokoknya semaunya aja bebas gak ada yang larang. Udah gitu menurut gua anak alay tu lebih kreatif, bisa gabungin huruf sama angka jadi satu kalimat. Lu gak tau kan tujuannya kenapa anak alay nulis gitu? Karena biar otak kanan lu bekerja secara maksimal. Bukan itu aja, tulisan kayak gitu juga bikin lu MIKIR sebelum nulis. Karena anak sekarang kalau nulis status atau share artikel di medsos gak pake mikir. Semuanya ditelan mentah-mentah dan pake emosi.
FOTO ALAY

 Gua bukan ketua persatuan alay Indonesia ya, bukan alay  fansclub juga, tapi gua ngerasa bahwa ALAY adalah suatu sistem pengelompokan manusia yang berbeda pandangan. Kata ALAY digunakan untuk “merendahkan” orang lain yang dirasa gak keren dan memalukan pada suatu ekosistem. Gak ada kan kata ALAY digunakan sebagai pujian? Ada gitu orang dibilanga alay jadi bahagia sambil muter-muter tiang bendera? Gak Cuma alay, dulu ada ,KETINGGALAN JAMAN,KAMPUNGAN, KAMSEUPAY, dan lain-lain. Semua sama aja digunakan untuk merendahkan orang lain yang berbeda pandangan. Menurut orang ALAY apa yang mereka lakukan adalah keren, kalau menurut lu itu enggak keren ya udah. Karena lu sama anak alay punya cara pandang dan latar belakang kehidupan yang beda (bisa dari status sosial, pendidikan, lingkungan, dll). Jaman dulu gak ada yang mengALAYkan satu sama lain, semua lebih harmonis menerima perbedaan. Mungkin sekarang masih ada beberapa kelompok masyarakat yang belum move on dari jaman itu, dan lu yang udah move on (kayak gua), mungkin status sosialnya uda lebih baik, tontonannya Film Hollywood, yang jalan-jalannya klo gak singapur ya korea,yang makan maunya sushi apa pasta, ya udah biarin aja mereka lakukan apa yang mereka mau tanpa menjudge orang lain. Apakah mereka ngerecokin hidup lu atau turut memecah belah perdamaian dunia? gak kan? Jadi STOP meremehkan orang lain hanya karena berbeda! 

0 komentar:

Posting Komentar